Friday, June 8, 2012

Profil Tim Peserta Piala Sepakbola Eropa Polandia dan Ukraina - Grup B


Piala Sepakbola EropaPiala Sepakbola Eropa kali ini akan berlangsung di Polandia dan Ukraina pada bulan juni nanti tinggal beberapa waktu lagi. Pada Grup B Piala Sepakbola Eropa kali ini banyak kalangan menyebut grup neraka, pemberian sebutan tersebut bukanlah tanpa alasan, ini disebabkan oleh para tim yang berada di grup tersebut, yang dihuni Belanda, Jerman, Denmark dan Portugal. Tiga tim penghuni grup B ini  sendiri pernah menjuarai kompetisi bergengsi antar negara di benua Eropa ini sebut saja Belanda dan Denmark yang pernah satu kali menjuarai Piala Sepakbola Eropa,  bahkan Jerman telah menjuarai tiga kali. Namun, hanya Portugal yang belum pernah menjuarai turnamen ini, maka di Piala Sepakbola Eropa Polandia dan Ukraina ini sepak terjang Portugal menjadi perhatian bagi para pecinta sepakbola. Berikut Profil tim perserta Piala Sepakbola Eropa di Grup B :

1.BELANDA



Belanda tak pernah berhenti menghasilkan para pemain hebat. Sebut saja nama-nama pemain seperti Johan Cruyff yang menjadi generasi emas Belanda saat dua kali menembus final Piala Dunia (1974 dan 1978).

Setelah itu, Belanda kembali menelurkan generasi emas seperti trio Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco van Basten. Di era ini, Oranje sukses menjadi jawara Piala Eropa 1988.

Selanjutnya, Belanda memang se1alu masuk daftar unggulan di berbagai ajang, Tapi, koleksi gelar mereka tak kunjung bertambah. Oranje bahkan tak lolos kualifikasi Piala Dunia 2002.

Di Piala Dunia 2010, Belanda kembali akan diperkuat oleh para pemain berkaliber bintang. Tak berlebihan jika mereka menjadi salah satu kandidat juara. Hal itu seiring dengan ambisi tinggi yang diusung para punggawa Oranje.

Bukti berapa besarnya ambisi itu sudah tersaji saat kualifikasi zona Eropa. Belanda tampil sebagai jawara grup 9. Mereka pun selalu menang dalam delapan laga dengan memasukkan 17 gol dan kemasukan dua gol.

Skuad yang ada sekarang tak jauh beda dengan yang diturunkan saat Piala Sepakbola Eropa 2008 lalu. Pelatih Bert Van Marwijk tak akan melepaskan diri dari total football yang sudah mengakar. Perbedaan besar ada di sisi penjaga gawang. Itu tak lepas dari keputusan Edwin van der Sar untuk pensiun dari timnas.

Target juara dicanangkan oleh KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Mimpi belanda adalah membawa pulang Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Profil Timnas Belanda :

Julukan: Oranje
Federasi: Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB)
Situs: http://www.dutch-football.com
Berdiri: 1905
Bergabung ke UEFA: 1976
Bergabung ke FIFA: 1934
Rekor di Piala Sepakbola Eropa:
- Semifinal (1976, 1992, 2000, 2004)
- Juara (1988)

2.DENMARK



Tim Nasioanl sepak bola Denmark dikendalikan oleh Asosiasi Sepakbola Denmar, Danish Football Association (DBU). Stadion Denmark adalah Parken Stadium di Osterbro dan pelatih mereka adalah Morten Olsen.

Pada tahun 1906, Denmark pernah meraih medali emas Olimpiade dan mendapatkan perak di Olimpiade 1908 dan 1912. Di Piala Sepakbola Eropa tahun 1992 adalah kemenangan Swedia yang paling menonjol, mereka berhasil menyingkirkan juara Eropa, Belanda, di fase semifinal dan mantan juara dunia, Jerman di final. Mereka juga pernah menjuarai Piala Konfederasi tahun 1995, mengalahkan Argentina di final. Di Piala Dunia 1998, mereka kalah dengan skor tipis di perempat final melawan tim langganan juara dunia, Brasil.

Pada Piala Sepakbola Eropa Polandia-Ukraina kali ini, dengan dukungan tim teknis yang solid asuhan Olsen, Denmark berharap banyak meraih prestasi tertinggi untuk mengukir sejarah dan mengembalikan masa-masa kejayaan mereka.

Profil Timnas Denmark:

Julukan: De Rod-Hvide (Si Merah Putih), Danish Dynamite, Olsen-Banden (The Olsen Gang), Olsens Elleve (Olsen's Eleven), The Red and White Football Aces
Federasi: Dansk Boldspil Union (DBU)
Situs: www.dbu.dk
Berdiri: 1889
Bergabung ke UEFA: 1954
Bergabung ke FIFA: 1904
Rekor di Piala Sepakbola Eropa:
- Putaran Grup (1988, 1996, 2000)
- Perempat final (2004)
- Peringkat keempat (1964)
- Semifinal (1984)
- Juara (1992)

3.PORTUGAL


Di skuad Portugal saat ini muncul nama-nama hebat. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Deco, Nani, Pepe, Simao Sabrosa, dan Ricardo Carvalho.

Namun, pemain kelas satu itu tidak lantas membuat Portugal melangkah mulus menuju putaran final Piala Dunia 2010. Sampai akhirnya Selecao - harus melakoni playoff melawan Bosnia-Herzegovina untuk memastikan tiket ke Afrika Selatan (Afsel).

Tapi sukses Portugal di laga playoff itu terjadi tanpa Ronaldo. Hal itu menjawab keraguan publik bahwa Portugal tidak bergantung pada seorang Ronaldo.

Piala Dunia 2010 adalah partisipasi kelima bagi Portugal. Dalam empat ke keikutsertaan sebelumnya, prestasi terbaik Portugal adalah meraih peringkat keempat pada Piala Dunia 2006 Jerman.

Bukan pekerjaan mudah untuk mengulang prestasi itu. Sebab, di Piala Dunia 2010 nanti Portugal berada satu grup dengan lawan-lawan tangguh seperti Brasil, Pantai Gading, dan Korea Utara (Korut). Bentrok Portugal kontra Brazil bakal paling ditunggu publik. Laga itu akan menjadi pertarungan dua tim yang memiliki pola dan gaya bermain sama. Samba Amerika Latin melawan Samba Eropa.

Profil Timnas Portugal:

Julukan: A Selecção das Quinas (Brasilnya Eropa)
Federasi: Federação Portuguesa de Futebol
Situs: -
Berdiri: 1914
Bergabung ke UEFA: 1984
Bergabung ke FIFA: 1966
Rekor di Piala Sepakbola Eropa:
- Semifinal (1984, 2000)
- Runner-Up (2004)


4.JERMAN



Saat berstatus tuan rumah Piala Dunia 2006, Jerman gagal meraih hasil maksimal. Der Panzer harus finish peringkat ketiga. Idealnya, target tahun ini harus lebih baik daripada sebelumnya. Itu berarti juara atau minimal menembus final.

Khusus menembus final merupakan pencapaian yang cukup akrab bagi Der Panzer. Mereka tujuh kali menjadi finalis dari 17 partisipasi di Piala Dunia. Tiga di antaranya membuahkan juara (1954 dan 1974 dengan nama Jerman barat serta 1990).

Kiat Jerman selalu berprestasi di turnamen major ditentukan dari mental pemainnya. Sebagaimana julukannya (Der Panzer) penampilan Jerman seperti mesin yang semakin lama semakin panas. Lambat di awal turnamen, tapi berbahaya di babak-babak berikutnya.

Profil Timnas Jerman:

Julukan: Der Panzer
Federasi: Deutscher Fußball-Bund (DFB)
Situs: www.dfb.de
Berdiri: 1908
Bergabung ke UEFA: 1972
Bergabung ke FIFA: 1934
Rekor di Piala Sepakbola Eropa:
- Semifinal (1988)
- Runner-Up (1976, 1992, 2008)
- Juara (1972, 1980, 1996)

--------------------------------------------------------
Jadwal Pertandingan Piala Sepakbola Eropa Polandia dan Ukraina :
Grup B.
9 Jun 2012.
- Belanda vs Denmark, 23.00 WIB

10 Jun 2012.
- Jerman vs Portugal, 01.45 WIB

13 Jun 2012.
- Denmark vs Portugal, 23.00 WIB

14 Jun 2012.
- Belanda vs Jerman, 01.45 WIB

18 Jun 2012.
- Denmark vs Jerman, 01.45 WIB
- Portugal vs Belanda, 01.45 WIB

sumber: http://www.suzanafm.com/gibol/index.php/Piala-Sepakbola-Eropa/profil-tim-peserta-piala-sepakbola-eropa-polandia-dan-ukraina-grup-b.html

Share this

0 Comment to "Profil Tim Peserta Piala Sepakbola Eropa Polandia dan Ukraina - Grup B"

Post a Comment