Wednesday, April 11, 2018

Manfaat Buah Mengkudu






artikel, kesehatan


 Mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia dan tergolong dalam famili Rubiaceae. Beberapa wilayah di Indonesia mempunyai sebutan pelbagai untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih tidak sedikit lagi. Buah mengkudu yang masih mentah seringkali digunakan untuk gabungan rujak. Sementaranya buah yang masak dipakai untuk pengobatan.

Meskipun baunya paling tidak sedap, tetapi buah mengkudu yang telah masak di pohon memiliki tidak sedikit manfaat guna pengobatan. Hal ini sebab ada sejumlah kandungan zat didalamnya, antara beda morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

artikel, kesehatan

Berikut ini sejumlah manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk penyembuhan tradisional disertai dengan misal resep dan pemakaiannya.

Khasiat Buah Mengkudu Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon dan 1 sendok santap madu. Buah mengkudu diperas untuk dipungut airnya, kemudian dibaur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya ialah mengobati batuk. Caranya ialah dengan menciptakan ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan itu direbus dengan 2 gelas air sampai bermukim tersisa 1 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya ialah sebagai obat sakit perut. Jika kita atau keluarga terpapar sakit perut, ambil saja 2-3 eksemplar daun mengkudu. Setelah dibersihkan bersih, lantas ditumbuk halus, diperbanyak garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

Mengobati Sakit Kuning
Bahan yang diperlukan ialah 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk dipungut airnya, kemudian dibaur dengan madu hingga merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin dan infuenza
Bahan yang dibutuhkan ialah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan itu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan sampai tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan itu diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang telah masak di pohon memang memiliki tidak sedikit khasiat. Salah satunya guna kecantikan, buah mengkudu dapat digunakan guna menghaluskan kulit. Caranya, unsur kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu itu sampai merata, dan tidak dipedulikan selama 5-10 menit, kemudian dimurnikan dengan kain bersih yang diairi dengan air hangat.

Share this

0 Comment to "Manfaat Buah Mengkudu"

Post a Comment