Tuesday, April 24, 2018

Unsur - Unsur Seni Rupa


Seni rupa dibentuk dari beberapa unsur sederhana yang menyatu, sehingga unsur-unsur tersebut bersatu yang akhirnya menjadi sebuah karya seni. Dan unsur-unsur pembentuk seni rupa dalam dunia seni biasa disebut dengan nama unsur seni rupa.

Unsur-unsur yang membentuk seni rupa merupakan elemen yang digunakan oleh seorang seniman. Untuk membentuk atau membuat sebuah karya seni, yang nantinya karya seni itu dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Langsung saja pada pembahasan beberapa unsur-unsur pembentuk seni rupa sebagai berikut.

1. Titik
Unsur seni rupa yang pertama adalah titik, dan inilah unsur yang paling dasar dalam karya seni ini, yang juga digunakan dalam seni rupa dimensi satu. Selain sebagai unsur yang paling dasar titik juga merupakan unsur yang paling kecil.

Tetapi jangan salah, walaupun termasuk unsur yang paling dasar dan kecil, titik juga dapat menjadi pusat perhatian. Apabila titik tersebut berkumpul antara satu sama lain dan memiliki warna yang berbeda dari warna bidang yang digunakan.

Titik dapat dibuat dengan cara mementukan jarak lebar atau jarak sempit antar titik. Unsur titik dapat berukuran kecil maupun besar dengan variasi warna berdasarkan kebutuhan seniman.

2. Garis
Unsur yang kedua adalah garis, garis terbentuk dari sebuah goresan atau lilmit dari suatu benda. Seperti bidang, ruang, tektur warna dan lain sebagainnya. Pada umumnya garis memiliki berbagai macam bentuk. Tetapi bentuk yang paling populer yang itu bentuk  horizontal dan vertical.

Garis terbentuk dari beberapa titik yang bergabung menjadi satu, unsur garis dalam seni rupa juga memiliki variasi dari sifat garisnya. Misalnya garis yang bersifat panjang, pendek melengkung, tebal, tipis, halus, berombak, miring dan lain sebagainya.

3. Bidang
Unsur bidang adalah salah satu unsur perkembangan dari penampilan unsur garis. Unsur bidang adalah perpaduan antara beberapa garis dalam keadaan tertentu. Bidang dalam seni rupa dapat diamati secara visual pada setiap karya seni berdasarkan bentuk karya seni tersebut.

Unsur bidang terbentuk karena adanya pertemuan antara masing-masing ujung garis dalam sebuah bangun datar atau bidang tertentu. Unsur bidang dalam karya seni ini terdiri dari beberapa bentuk. Misalnya bidang geometris, bidang biomorfis, bidang bersudut dan bidang tak beraturan.

4. Bentuk
Bentuk adalah unsur dalam seni rupa yang dapat disentuh dan dilihat secara langsung. Unsur bentuk dalam karya seni ini juga dapat disebut dengan nama shapes, yang terdiri dari benda polos yang muncul secara kebetulan. Seperti halnya ornamental, bulat, panjang, tidak teratur, persegi dan lain sebagainnya.

Selain shapes, unsur bentuk dalam seni rupa yang lainnya adalah form. Unsur form adalah unsur yang bertolak belakang dengan unsur bentuk shapes. Selain dapat disentuh dan dilihat oleh indera penglihatan. Unsur bentuk form juga memiliki kandungan nilai didalamnya karyanya.

5. Tekstur|
Sama seperti unsur bentuk, unsur tekstur dalam seni rupa juga dapat dilihat dan dirasakan oleh indera peraba. Unsur ini memiliki berbagai macam sifat yang dapat membentuk sebuah karya seni. Mulai yang bersifat halus, kasar, kusam, licin, mengkilap dan lain sebagainya.

Unsur tektur dibagi menjadi dua macam, yang pertama adalah tekstur dimana permukaannya menggambarkan suatu pesan yang sebenarnya. Atau biasa disebut atau dikenal dengan sebutan tekstur nyata.



Yang selanjutnya adalah tekstur yang permukaannya berbeda antara indera pengihatan dengan indera peraba. Tekstur ini memiliki fungsi untuk memberikan makna tertentu pada permukaan yang dapat menciptakan nilai seni yang tinggi. Tekstur ini bisa dikenal atau disebut dengan tekstur semu.

6. Warna
ramlansinaga28.blogspot.co..id,unsur-unsur-seni-rupa


Berdasarkan KBBI warna memiliki arti kesan yang ditangkap oleh indera penglihatan, berupa cahaya yang dipantulkan dari suatu benda. Dalam teori fisika juga meyebutkan bahwa warna dapat dilihat dari tujuh spectrum warna.

Sebenarnya semua warna yang ada sekarang ini, tidak dapat dipisahkan dari warna dasar. Apabila warna dasar ini bercampur antara satu sama lain dengan takaran yang berbeda akan menghasilkan warna yang berbeda pula. Warna dasar yang saya maksudkan adalah merah, biru dan kuning, dan semua warna selain warna ini adalah warna turunan.

Teori untuk mempelajari warna dibagi menjadi dua macam, dan salah satunya adalah teori pegmen warna. Yang mengatakan bahwa warna adalah butiran halus yang terkandung dalam warna. S elain itu teori ini juga memberikan istilah-istilah terkait masalah ini antara lain.

Warna Primer: Atau warna dasar, warna yang digunakan untuk menciptakan warna lainnya. Warna primer terdiri dari warna biru, merah dan kuning.

Warna Sekunder: Warna yang dihasilkan dari pencampuran antara warna primer dengan warna primer lainnya. Warna sekunder terdiri dari beberapa warna seperti jingga, hijau dan ungu.
Warna Analogus: Adalah deretan warna yang letaknya berada dalam satu lingkup lingkaran warna. Contoh warna ini seperti warna hijau yang menuju pada warna kuning

Komplementer: Adalah sebuah warna yang kontras dan letaknya berada di luar daerah lingkaran warna. Jenis warna ini merupakan kebalikan dari jenis warna analogus. Contoh jenis warna ini adalah warna merah dengan warna hijau dan warna kuning dengan warna ungu.

7. Gelap Terang
ramlansinaga28.blogspot.co.id,unsur-unsur-seni-rupa


Unsur gelap terang dalam karya seni rupa 2 dimensi memiliki fungsi untuk menggambarkan benda agar terlihat seperti hasil karya seni 3 dimensi. Dan juga untuk memberikan kesan ruang atau kedalaman pada sebuah gambar. Teknik gelap terang dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik gradasi dan silhouette.

8. Ruang (kedalaman)
Unsur ruang juga salah satu unsur yang dapat dirasakan langsung oleh para penikmatnya. Dalam seni rupa 3 dimensi, unsur ini memiliki beberapa contoh yang ada dan sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya ruangan dalam rumah, bangun ruang, ruang acara, ruang kamar dan lain-lain.

Lain halnya pada seni rupa dua dimensi, unsur ruang hanya bersifat maya atau semu karena unsur ruang pada karya seni ini dihasilkan oleh efek menggambar. Dari bidang yang pipih, menjoroh, cekung datar, jauh, dekat dan cembung.




Share this

0 Comment to "Unsur - Unsur Seni Rupa"

Post a Comment