Friday, August 10, 2018

Pandu

pandu-ramlansinaga28.blogspot.co.id
pandu - ramlansinaga28.blogspot.co.id




Pandu (Dewanagari: पाण्डु; IAST: Pāṇḍu) adalah nama tokoh dalam wiracarita Mahabharata, ayah dari para Pandawa. Pandu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara; kakaknya Dretarasta, sedangkan adiknya Widura.


Menurut Mahabharata, Dretarastra merupakan pewaris takhta kerajaan Kuru dengan pusat pemerintahan di Hastinapura. Karena ia buta, maka takhta diserahkan kepada Pandu, dengan Widura sebagai menteri, yang tidak memiliki ilmu kesaktian apapun tetapi memiliki ilmu kebijaksanaan yang luar biasa terutama bidang ketatanegaraan.


Pandu memiliki dua orang istri, yaitu Kunti dan Madri. Dalam Mahabharata diceritakan bahwa Pandu tidak bisa mempunyai anak akibat dikutuk oleh seorang resi. Kutukan itu terjadi setelah Pandu memanah resi tersebut tanpa sepengetahuannya, sebab pada saat itu sang resi berubah wujud menjadi kijang.


Kedua istri Pandu mengandung dengan cara memohon kepada dewa. Pada akhirnya, Pandu tewas karena kutukan yang ditimpa kepadanya. Madri menyusul suaminya dengan cara membakar diri (sati).


Kata Pāṇḍu dalam bahasa Sanskerta berarti pucat. Mahabharata mendeskripsikan bahwa kulitnya memang pucat atau kekuningan.

Share this

0 Comment to "Pandu"

Post a Comment