Saturday, October 13, 2018

Luminisme


luminisme-ramlansinaga28.blogspot.co.id
luminisme - ramlansinaga28.blogpspot.co.id


Luminisme adalah penggambaran suatu efek sinar yang sangat kuat dalam seni lukis. Misalnya efek clair-obscur dari Rembrand. Penggambaran ini muncul pada abad ke-19 dan merupakan ciri khas dari pelukis independen Amerika yang dipengaruhi oleh sekolah melukis Hudson River yang didirikan oleh Thomas Cole.  


Ia adalah orang yang mengembangkan kemampuan pelukis dalam seni lanskap. Luminisme juga sering dikaitkan dengan para penganut impresionisme yang menekankan suatu refleksi sinar pada bidang permukaan yang berbeda-beda (Monet, Pissaro, Sisley).


 Lukisan yang dibuat oleh para luminis hampir selalu berbentuk lanskap atau bentang laut, mempunyai warna yang jelas dan dengan objek yang detail.


Dalam lukisan ini, langit biasanya menempati satu setengah komposisi yang digambar dalam ukuran persegi panjang. Pelukis paling penting dalam gaya luminis adalah John Frederick Kensett, Fitz Hugh Lane dan Martin Johnson Heade. Selain itu, kelompok ini juga termasuk George Tirrell, Henry Walton dan J.W. Hill juga termasuk dalam pelukis luminis.


Share this

0 Comment to "Luminisme "

Post a Comment